Sunday 21 October 2012

Shortbread




The method of this recipe is the old fashion way, it works really well if food processor is not available. I also try  a simpler method yet taste just as good, using the same ingredients.

Biskuit ini sangat sederhana tetapi sangat enak, rasanya manis dan rapuh (melt in the mouth) dan rasa butternya sangat harum. Butter tidak bisa diganti dengan margarine karena inilah ciri khas Shortbread ( biscuit scotland).

Siapapun dapat membuatnya, karena sangat mudah membuatnya,  hampir fool proof. Kalau sedang berbelanja biscuit di Supermarker, Shortbread yang terkenal di pasarkan bermerek "Walker". Boleh bandingkan rasanya......

Silahkan mencoba untuk hidangan Natal tahun baru maupun Hari Raya, untuk menambah koleksi kue kering di atas meja. Dapat dicetak bentuk apa saja.

Ingredients / bahan yang diperlukan

100 gr icing sugar
           gula tepung
200 gr plain flour
           Tepung terigu
100 gr cornflour
           tepung maizena
200 gr butter
           butter
1 tsp  vanilla extract
          sdt vanili
Castor sugar for springkling
gula untuk taburan (jika suka)

Method / cara membuat

 Dice the butter (salted or unsalted, I prefer salted and put into a mixing bowl to soften a little.
Butter (tawar atau bergaram, saya pakai yang bergaram ) potong dadu, biarkan agak lembut sedikit.

Put the flour, icing sugar, salt (if u r using unsalted butter )and vanilla extract onto the butter.
Using two knives, cut up the butter while mixing with the flour, then rub together with your fingertips until resemble bread crumb and form the mixture into a ball.
Masukkan tepung, gula tepung, garam (jika menggunakan butter tak bergaram) dan vanilla diatas butter. Gunakan 2 pisau makan untuk mencampurnya sambil memotong butter, kemudian campur dengan ujung jari sambil diangkat (lihat gambar) sampai menyerupai butiran pasir. Uleni (tidak terlalu kuat) sampai membentuk bola.

Roll out the shortbread on baking tray and cut into strips approximately 2 cm wide and 6 cm long,  prick the surfaces all over with a fork.
Giling adonan di atas talam bakar yang telah diminyaki dan potong kotak-kotak ukuran 2 cm x 6 cm, lubangi permukaan dengan menggunakan garpu (lihat gambar). Bisa juga dicetak sesuai dengan keinginan.

Preheat the oven to 180C/gas 4. Put in the oven for 15-20 minutes or till golden
Panaskan oven api kecil-sedang (180c / gas mark4). Setelah panas, masukkan selama 15-20 menit atau sampai kekuningan.


Simpler Method / Cara yang lebih mudah.


Put the icing sugar, plain flour and cornflour into the bowl of a food processor fitted with the double-bladed knife and give them a quick blitz to save you from sieving.
Masukkan gula tepung, tepung terigu, tepung maizena dan garam ke dalam food processor, hidup sebentar, ini agar kita tidak perlu menyaring tepung. 

add the butter (very soft), process again until forming a ball
Masukkan butter (sangat lunak), hidupkan mesin lagi sampai adonan menyatu atau membentuk bola

the rest of the method is as above.
Selebihnya gunakan cara seperti di atas









A cup of tea and shortbread, no extra sugar....






No comments:

Post a Comment